Minggu, 16 Juni 2019

TANA TORAJA - SULAWESI SELATAN

TANA TORAJA



Tepatnya 16 tahun yang lalu kaki ku terkhir menginjakkan kaki ke tanah tongkonan, Tana Toraja. Destinasi wisata yang berada di Sulewesi Selatan, Kabupaten Tana Toraja yang kini terbagi menjadi 2 kabupaten yaitu Makale dan Rantepao. Sangat begitu terkenal tempat ini hingga ke mancanegara sehingga banyak di dapati turis-turis mancanegara yang datang berkunjung ke Tana Toraja untuk menikmati alam serta mengenal dan mempelajari adat istiadat suku Toraja

Kata Toraja yang berarti To Riaja "Orang yang berdiam di negri atas" yang sangat terkenal akan  ritual pemakaman dan rumah adat Tongkonan serta ukiran kayunya. Dahulu masyarakat di sekitar mengandalkan mata pencaharian dengan bercocok tanam, sehingga di Tana Toraja ini banyak di dapati hamparan sawah yang begitu luas dan tersusun rapi sehingga menjadi pemandangan yang terlihat indah.

 Tana Toraja berjarak tmpuh 307 Km dari kota Makassar yang dapat ditempuh selama 8 jam dengan menggunakan kendaraan. Hampir setiap hari mobil bus angkutan antar kabupaten terlihat mondar mandir di terminal regional Daya - Makassar.


Ada begitu banyak tempat wisata di Tana Toraja, sehingga jika anda melakukan perjalanan wisata ke tempat ini, kalian harus meluangkan waktu selama 7 hari agar dapat mengeksplore destinasi wisata yang disiapkan oleh kabupaten Tana Toraja. Mari kita mulai dengan Kete' Kesu, Kete' Kesu merupakan peninggalan purbakala yaitu kuburan batu yang diperkirakan berusia 500 thn. ditempat ini didapati juga jejeran rumah adat Tongkonan yang terlihat sebagai gerbang masuk ke area pemakaman.


Tak jauh dari Kete' Kesu, terdapat destinasi wisata Negri Diatas Awan, To Tombi, atau dikenal dengan nama Lolai. tempat ini merupakan wisata alam, dari tempat ini anda dapat menikmati pemandangan awan yang terlihat seolah-olah anda berada di atas lautan awan (jika anda tidak beruntung, anda tidak akan menjumpai satupun awan ditempat ini :'( seperti di foto saya)

Di Lolai anda dapat menyewa tenda camp jika anda ingin bermalam, harga sewanya dipatok dengan harga Rp. 300.000,-/tendanya, ada juga disewakan villa namun harganya cukup fantastis sekitar 1-2jt rupiah/malamnya

Dimalam hari, anda dapat membuat kopi panas sambil menikmati kerlap kerlip lampu rumah dikota Rantepao jika kabut sedang tidak mood.


Ada juga destinasi wisata yang bernama Buntu Burake, letaknya juga tak jauh dari Kete' Kesu. Patung Yesus terbesar dan tertinggi seAsia ada disini (lupa fotonya). Pemandangan perbukitan dan gunung dapat anda nikmati disini.


Masih banyak lagi tempat-tempat wisata terdapat di Tana Toraja, hanya saja saya tak cukup waktu untuk berkunjung, seperti Londa, Pango-pango, air terjun Sarambu, Batu Lemo, Gn. Sesean dan masih banyak lagi yang tak bisa saya sebutkan satu persatu. Next diperjalan selanjutnya akan saya bahas lagi ya...

Salam penikmat alam Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar