Senin, 26 Februari 2018

WISATA ALAM MALINO, GOWA - SULAWESI SELATAN

MALINO


Nah... bagi kalian pecinta alam Indonesia, wisata di Malino sepertinya pas buat kalian. Kecamatan Tinngimoncong yang terletak di Kabupaten Gowa - Sulawesi Selatan ini berjarak tempuh kurang lebih dari 90 Km dan memakan waktu kurang lebih 3 jam dari kota Makassar. Obejek wisata alam yang menyuguhkan hijaunya pegunungan dan merdunya suara air terjun, membuat anda tidak bosan-bosannya berkunjung. Ada beberapa pilihan tempat jika anda berkunjung ke Malino, saya akan coba membahas satu persatu dan semoga bisa menjadi referensi liburan anda sekeluarga.

Air terjun Lembanna, terletak di Desa Lembanna, lokasinya terletak didataran tinggi yang menjadi tempat transit bagi para pendaki jika melakukan ingin melakukan pendakian ke gunung Bawakaraeng. Di hari tertentu banyak komunitas pecinta alam berkumupul di desa ini untuk bersama-sama melakukan pendakian bersama.
Di ujung desa terdapat monumen tata tertib dan rute pendakian bagi mereka yang hendak melakukan pendakian ke gunung Bawakaraeng. Di hadapan air terjun Lembanna terdapat sebuah bukit yang dimana anda dapat menikmati sunries dan pemandangan air terjun dari ketinggian
yang tak ingin melakukan pendakian, jangan bersedih hati.... di desa Lebanna disediakan tempat bagi mereka yang senang ngecamp, tak kurang juga beberapa dari komunitas pencinta alam hanya bercamp disini, dikarenakan beberapa faktor yang mengharuskan mereka menghentikan pendakian.


Photo yang diatas ini berlokasi berada di atas air terjun Lembanna, lokasi di tempat ini tidak begitu luas, akan tetapi cukup untuk memasang beberapa tenda saja.


Dan photo yang diatas ini berlokasi dihutan pinus Lembanna yang menjadi pintu gerbang para pendaki, disetiap malam minggu tempat ini tidak pernah sepi oleh pengunjung, anda dapat berbaur dengan para pengunjung lainnya, karena yang saya tau kebersamaan dan persaudaraan para pecinta alam sangatlah tinngi nilainya. Tak pernah terlupa diingatanku, ada yang pernah berkata "Dihutan kita semua adalah satu" wouwww.... seorang awam seperti saya tidak akan pernah mengerti dan hanya menerka-nerka arti dari bahasa tersebut 😁.

Mata pencaharian penduduk di desa Lembanna hanyalah bercocok tanam, berbagai macam hasil tani seperti cabe rawit, tomat, daun bawang, sayur kol dan berbagai macam jenis sayuran serta buah-buahan seperti alpukat dan markisa terdapat disini.

alternatif selanjutnya

Hutan Pinus Malino, terdapat dipusat kecamatan Tinggimoncong. Selain hijaunya pinus, di tempat ini menawarkan juga berbagai macam permainan menarik seperti flyingfox, softgun dan penduduk setempat menyediakan  jasa penyewaan kuda bagi para pengunjung yang ingin mencoba sensasi mengendarai kuda.

Sepanjang jalan terdapat warung makan berjejer, begitu juga dengan penginapan. Harga penginapan sangat bervariasi dimulai dari Rp. 100.000,- hingga Rp. 500.000,- / malam, tergantung bagaimana cara anda bernegosiasi dengan pemilik penginapan.

Next

Kebun teh Malino Highlands, jika gerimis telah selesai kabut akan tebal menyelimuti perkebunan teh. Dipuncak kebun teh terdapat cafe yang membuat mata anda enggan tuk berkedip. Hijaunya daun teh terbentang luas dihadapan kita, ada berbagai jenis satwa dan air terjun terdapat ditempat ini.
(Sebenarnya Kebun Bunga juga ada disini akan tetapi saya belum pernah berkunjung dikarenakan belum tau posisinya dimana)

Lagi

Kebun Strawberry sangat banyak anda temui disini, silahkan memilih kebun mana yang akan anda pilih.
Masih banyak lagi destinasi wisata yang ada di tempat ini seperti air terjun Takappala, Air terjun Bidadari, air terjun Jodoh dan akan saya bahas dilain waktu

Selamat mencoba gan,
Salam penikmat alam Indonesia

https://www.facebook.com/rizalim.ramli/media_set?set=a.1487995981262488.1073741839.100001563005493&type=3


https://www.youtube.com/watch?v=qON8gS8rgFw

Tidak ada komentar:

Posting Komentar